Wednesday, January 16, 2013

Ya Alloh, Berilah Aku Televisi

Menyingkap do'a anak-anak adalah saat 'mengejutkan'. Pasalnya mereka berdo'a kepada Alloh dengan isi yang tidak ada sisi kebaikannya di akhirat kelak.

Kemarin sore, saya memandatkan pada santri-santri untuk menuliskan do'a. Apa gejolak pinta mereka kepada Alloh? Apa keluhan mereka sehingga harus bermohon kepada Alloh?

Sebenarnya, sengaja melakukan ini dalam rangka mengetahui kemampuan mereka dalam berucap saat berdo'a. Karena belakangan ini, anak-anak kita sangat kurang memahami eksistensi do'a. Bagaimana mau mengetahui, sementara berdo'a pun tak pernah diampu. Sangat kasihan anak-anak kita, jika dimasa kecil tidak mengetahui bahwa Alloh akan mengabulkan do'a mereka. Dengan syarat-syarat yang telah dinukil di Qur'an dan Hadist.

Apalagi kemarin itu hari Jum'at, tepat ba'da ashar dalam hadits dijelaskan waktu tersebut adalah momen mustajabnya dikabulkan do'a. Maka serentak saya ajak anak-anak untuk berdo'a kepada Alloh dengan permintaan masing-masing.
Kurang lebih sejam, semua santri mengumpulkan berkas do'anya. Nampak kumpulan do'a bervariasi.

"Ya Alloh, berilah aku kesenian bermain bola."
"Ya Alloh, berilah aku motor."
"Ya Alloh, berilah aku televisi."

Inilah fakta do'a anak-anak kita. Sungguh, tidak ada nuansa kebaikan di akhirat yang mereka pinta. Bayangkan saja, mereka hanya meminta kumpulan benda-benda di dunia, keuletan dalam bermain bola. Semuanya mengarah pada permintaan dunia. Yang kami rindukan adalah anak-anak yang meminta kepada Alloh berupa kebaikan di dunia dan akhirat mereka. Sebagaimana ada beberapa anak meminta seperti ini:

"Ya Alloh, berilah aku iman yang kuat."

Itulah gambaran konten do'a mereka. Semoga mereka bisa melihat lebih dalam bentuk-bentuk do'a di dalam al-Qur'an dan hadits shohih. Karena di sana lebih dituntunkan do'a terbaik. Mari kita belajar dan mengajarkan anak-anak kita. Karena masa kekananakan mereka adalah saat produktif mereka menerima. Saat inilah, waktu dimana kita mengajarkan do'a baginya. Karena di saat kita telah tiada, maka do'a mereka menjadi harapan kita.
Bismillah..

24 Maret 2012

0 comments:

Post a Comment

Silahkan diisi, komentar Anda sangat membangun: بارك الله فيك