Wednesday, January 9, 2013

Ada 'Ombak' Datang ke Rumah

Pernikahan adalah sarana mematenkan cinta karena Alloh. Tak ada yang menginginkan kasih sayang itu hilang dari cengkrama di antara dua insan yang hendak merajut sakinah, mawaddah wa rahman. Namun, disisi lain kita perlu ingat, bahwa kedewasaan keluarga kadang ditentukan oleh kadar ujian yang kita terima. Apakah pasca ujian di tengah perlayaran kita masih tegar? Bahkan ombak yang deras?


Tentu saja, relatif! Tergantung jenis kesabaran kita! Sekali lagi, kesabaran! Inilah barometer awal menjadikan keluarga kita lebih 'sadar', bahwa kita sebagai manusia biasa harus sabar dalam menghadapi ujian. Sebab, dengan ujian nuansa keluarga lebih sadar, kayaknya selama ini kita jarang kembali kepada Robb. Kita hanya sibuk mencari 'uang' dan melupakan menuntut ilmu yang nantinya lebih dituntuk di akhirat kelak. Memang betul, 'uang' adalah penunjang kehidupan, tetapi apakah hanya itu?


Betapa banyak di tengah-tengah kita, sering kali keluarga yang tajir malah menjadi pemicu keretakan. Sementara, keluarga yang sibuk membangun 'bekal' di akhirat meskipun 'tabungan' uang minim, tetapi kayaknya disana ada sakinah. Kita cemburu!

 Ah, karena itulah kita penting saling memberi nasihat agar aroma sakinah tetap datang meskipun dilanda ujian. Ada 2 faktor yang kerap menjadikan rumah tangga kita 'goyang'.

 1. Masa Lalu

Ya, masa lalu yang buram kadang menjadi topik pembicaraan bersama keluarga. Hingga, tak sadar memikirkan apa dampak nantinya! Bisa jadi pasangan berpikir bahwa kita adalah sosok tak berarti. Karena itulah, jangan pernah menyentil perkara masa lalu yang dapat membahayakan ke-sa-ki-na-han rumah tangga kita.

2. Prasangka

Perkara otak pun mengambil andil dalam hal ini. Kadang kala syaiton menyusupkan prasangka buruk di hati pasangan kita. "Kayaknya,.. " sehingga perlu kita sadari, bahwa lebih baik berpikir positif ketimbang suuzon. Ini lebih baik. Sekali lagi, aman!


12 Juni 2012

0 comments:

Post a Comment

Silahkan diisi, komentar Anda sangat membangun: بارك الله فيك