Saturday, August 24, 2013

Tips dan Trik Lulus PNS: Mengalahkan Soal Sinonim, Antonim, dan Analogi

بِسْمِ-اللهِ-الرَّحْمنِ-الرَّحِيم
1377221705802643304
Kabarnya, tanggal 1 bulan depan, akan dilaksanakan registrasi CPNS 2013 pertama kalinya, yang selama ini masih dihidden. Tapi, jangan khawatir, sebelum bertanding, siapkan bekal yang banyak, terkhusus dalam menyikapi soal-soal. Bagaimana caranya? Mari kita simak!

Tes Persamaan Kata (Sinonim)
Jangan memilih kata yang memiliki bunyi mirip dengan soal, karena telah diamati bahwa jawaban seperti itu adalah 95% salah! Artinya kemungkinan untuk benar hanya sekitar 5%, dan jawaban seperti itu adalah jawaban konyol. Jika anda memilih jawaban seperti itu, maka bisa jadi anda termasuk orang yang agak konyol:

Contoh:

APORISMA

a. Apriori 
b. Maksimal 
c. Bentuk 
d. Pendekatan 
e. Prima

Yang dicetak tebal (a dan e) adalah contoh jawaban yang konyol, maka anda tinggal memilih 3 jawaban yang lain.

Contoh lagi:

DEHIDRASI

a. Deliberasi 
b. Proses penyusutan air 
c. Kehilangan cairan tubuh  
d. Dekapitalisasi 
e. Proses penyaringan

Tes Lawan Kata (Antonim)

Amati pilihan jawaban, carilah dua jawaban yang berlawanan! Seringkali jawaban soal ANTONIM berada pada salah satu dari 2 kata yang berlawanan tersebut.

Contoh:

KHAS
o KHUSUS  
o WABIL KHUSUS 
o INKLUSIF 
o EKSKLUSIF  
o UMUM

Untuk kata-kata yang latin/ ilmiah, utamakan memilih jawaban yang mirip dengan soal.

Contoh:
KONKAF  
o Konveks  
o Optik 
o Lensa 
o Cekung 
o Konveksi 

ANTIPATI 
o Melawan 
o Setuju 
o Lekas mati  
o Simpati 
o Bertahan hidup

Hati-Hati! Pada saat mengerjakan soal ANTONIM, jangan sampai Anda berpikir bahwa Anda sedang mencari sinonim/persamaannya. Ini sering terjadi pada peserta tes. Dimana ketika di tengah-tengah tes, ia tidak sadar telah mencari jawaban yang merupakan sinonimnya, bukan lawan katanya. Apalagi biasanya soal Sinonim dan Antonim berdekatan waktu pengerjaannya.

Contoh:

KHAS
o KHUSUS 
o WABIL KHUSUS 
o INKLUSIF 
o EKSKLUSIF  
o UMUM

Biasanya karena tergesa-gesa banyak yang secara tidak sadar menjawab KHUSUS, padahal yang dicari adalah lawan kata dari khas, yaitu UMUM!

Tes Padanan Hubungan Kata (Analogi)

Yang paling penting dalam menghadapi soal semacam ini adalah menemukan kata kunci atau hubungan KHUSUS/UNIK dari dua atau lebih kata yang diberikan. Semakin KHUSUS atau SPESIFIK, maka akan semakin mudah untuk menemukan hubungan yang paling sesuai. Jika hubungan bersifat terlalu umum, maka alaternatif jawaban biasanya masih sulit untuk ditentukan yang paling tepat.

Contoh:

KAKA TUA : MERPATI.

Jika kita menentukan bahwa hubungannya adalah SAMASAMA BINATANG, maka itu masih bersifat terlalu umum. Artinya, jika ada pilihan jawaban gajah:semut, elang:kupukupu, gurame:kakap, dsb maka semua bisa benar karena mereka sama-sama binatang. Tapi cobalah anda pilih hubungan yang lebih khusus, misalnya kaka tua:merpati adalah sama-sama burung, maka jawaban yang tepat adalah gurame:kakap yaitu sama-sama ikan.

Jika telah menemukan hubungan kata tetapi masih bingung, maka buatlah kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan hubungan analogi yang ada. Hubungan kata harus mempunyai urutan yang sejalan/searah dengan soal.

Misalnya:

KAKI : SEPATU
a. Cat : Kuas 
b. Meja : Ruangan 
c. Telinga : Anting 
d. Cincin : Jari 
e. Topi : Kepala

Sepatu dikenakan di kaki (urutannya sepatu dulu baru kaki). Jika anda mencari jawaban, maka urutannya juga harus dari belakang. Anda tidak boleh memilih ‘cincin dikenakan di jari’, karena urutannya terbalik. Maka yang benar adalah anting dikenakan di telinga.

Semoga bermanfaat!

Sumber: WWW.CPNS2005.TK
13772222381804292531[/caption]
--Tanwirussunnah, 16 Syawal 1434 H

Silahkan ambil e-book gratis ini, teruntuk pada para pembaca kompasianer. Silahkan langsung diklik!
  1. Ini Cinta Ayah!
  2. Bahtera Kita Aman, Sayang!
  3. Catatan Harian Seorang Ikhwa
  4. Siapa Bilang Orang Bodoh Tidak Bisa Fisika?
  5. Mengapa yaa?
  6. Sahabat dan Sahabiyah
  7. Skripsi
  8. Segenggam Harap tentang Anak Kita
  9. Guru, Jadilah Dirimu Sendiri!
  10. Menjuarakan Semua Siswa(Terbaru)
  11. Beranda Sekolah: Opini Ringan Seputar Kehidupan Guru dan Murid(Terbaru)
بِسْمِ-اللهِ-الرَّحْمنِ-الرَّحِيم








بارك الله فيك
 

3 comments:

  1. (SRI AGUSTINA SHOFIAN; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Blitar)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Blitar dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Blitar dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I.0813-2612-2555

    ReplyDelete
  2. Tips dan trik lulus psikotes, silahkan berkunjung ke blog saya. Terima kasih juga buat admin yang sudah posting artikel ini, akan sangat membantu bagi yang membutuhkan. untuk Nomor Dr.H Edy wahyono Suwarno tersebut mohon hati2 karena sekarang banyak penipuan berkedok penerimaan CPNS. Perbanyaklah doa kepada Allah, jangan percaya iming-iming lulus dari pegawai BKN atau pihak manapun. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih, sangat bermanfaat buat yang mau daftar ni...

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan diisi, komentar Anda sangat membangun: بارك الله فيك