Monday, January 14, 2013

Cara Mudah Membangun Web (Dialog dengan Webmaster www.unismuh.ac.id)

 بِسْمِ-اللهِ-الرَّحْمنِ-الرَّحِيم

Berikut ini adalah dialog tanya jawab antara Kusnandar Putra dan admin webmaster unismuh.ac.id (Kanda Muhammad Zia Ul Haq) pukul 22.30-selesai. Pada tanggal 14 Januari 2013 di kolom chat FB.

Kusnandar Putra:
Bagaimana kabar, Kanda?
Kanda Muhammad Zia Ul Haq: alhamdulillah, dalam lindungan Allah.

Kusnandar Putra: Saya sebenarnya, mau sekali belajar buat web pribadi, kanda. Tapi, masih kurang paham.
Kanda Muhammad Zia Ul Haq: Sy bisa bantu, ....., silahkan beli domain saya sediakan hosting dan script gratis atas licensi pribadi saya, asal jangan menjalankan program auto.


Kusnandar Putra: .... saya tidak mengerti tentang domain, kanda. Harganya juga berapa? Trus, auto juga apa maksudnya? Saya punya teman dari alumni STIMIK juga pernah menawarkan demikian, tapi saya kurang ngerti, Kanda.
Kanda Muhammad Zia Ul Haq: domain (contoh facebook.com , google.com , zia.web.id , blogspot.com) nama sebelum domain tsb disebut subdomain (contoh namasaya.blogspot.com ), subdomain tidak menunjukkan kepemilikan, karena yg memiliki semua konten dalam subdomain tersebut sebenarnya adalah pemilik domain. Hosting adalah, space/tempat/server/komputer/hardisk adalah tempat menyimpan data/informasi/media si pemilik domain. Harga tergantung besar tempatnya, kualitas koneksi dan fitur-fitur yang disediakan. Autoscript, script yang berjalan sendiri tanpa perintah seperti bot dll, biasanya membebani secara signifikan kinerja dari hosting. catatan: tidak ada satupun pihak yang secara resmi dan publik yang menyediakan top domain level (TLD) secara gratis, demikian pula hosting (standar) berkualitas secara gratis.

Kusnandar Putra: Apakah pemilik hosting bisa mengetahui isi web pribadi seseorang yang membeli, Kanda? Ini kekhawatiran saya dulunya kepada teman dari STIMIK.
Kanda Muhammad Zia Ul Haq: yang pastinya bisa, tapi pemilik hosting punya etika dan kebanyakan tidak peduli dengan apapun dari web yg terhosting pada servernya. Yang jelas tidak melanggar ketentuan-ketentuan dasar; biasanya seperti masalah copyright, nudity/sexual, piracy, dll.
Harga domain beragam mulai 90 ribuan sampe sejutaan pertahun, tergantung top levelnya (contoh .[dot]com harganya 90 ribu - 130 ribu/tahun)


Kusnandar Putra: Oww... Kalau saya pakai hosting ta, kira2 bagaimana contoh domainnya nanti, Kanda?
Kanda Muhammad Zia Ul Haq: terserah, karna disitu yg beli, contohnya kusnandarputra.com atau pake kusnandar.web.id kalau mau ada identitas indonesianya

Kusnandar Putra: Sekarang pertanyaanku yang paling ujung, Kanda, untuk malam ini. Berapa biaya total dari A-Z yang saya harus keluarkan untuk mendapatkan www.kusnandarputra.com? Misalnya saya hanya mau tahu hasilnya. Berdasarkan hostingta yang gratis. Yang ukuran standar saja semua, Kanda.
Kanda Muhammad Zia Ul Haq:Domain : 120 ribu. Hosting : Gratis sy bisa beri paket 500 mb / bandwith unlimited. Aplikasi lengkap seperti aplikasi blog ada wordpress, nucleus dan puluhan lainnya gratis. Tampilan standar, tapi apabila ingin desain template yang premium harus beli lagi dari pembuatnya. Tapi banyakji itu template gratis yg bagus2. Jadi intinya beli saja domain harga antara 90 - 120 ribu, kemudian apabila mau hosting gratis arahkanmi domainta ke serverku ns0.webmakassar.co dan ns2.webmakassar.com
nanti sy sampaikan instruksi selanjutnya untuk siap menampilkan tulisan2ta


Kusnandar Putra: Kukira adami juga templatenya, Kanda? Saya hanya mengisi. Saya mau templatenya seperti kompasiana.com. Kerenk. hehe
Kanda Muhammad Zia Ul Haq: itumi, adaji banyak yg standar2 dan berlisensi GPL alias gratis, cuma kalo mau yg kerenk2 biasanya dibelipi contohnya kita pake aplikasi wordpress, pilihmaki disini http://www.1stwebdesigner.com/wordpress/80-free-wordpress-themes-2012/ untuk template gratisnya, baru instalmi sesuai petunjuk.

Kusnandar Putra: owww... OK, Kanda. Jazakumullohu khoir atas bantuannya. Closing statement:
Ternyata komunikatifki, asik diajak komunikasi, barokallohu fik, Kanda. Insya Alloh, lain kali lagi, Kanda.
Assalamu alaykum.
Kanda Muhammad Zia Ul Haq: sama2, waalaikum salam

Nah, itulah alur dialog hati antara Kusnandar Putra dan admin unismuh.ac.id, Kanda Muhammad Zia Ul Haq. Semoga memberi manfaat.

Salam
www.kusnandarputra.blogspot.com

2 comments:

Post a Comment

Silahkan diisi, komentar Anda sangat membangun: بارك الله فيك