Monday, December 31, 2012

Menulis Memang Susah

"Jika tulisan bersama air mata, maka pembaca akan menangis.
Jika tulisan bersama kekecewaan, maka pembaca akan kecewa.
Jika tulisan bersama gembira, maka pembaca akan gembira."

Itulah beberapa teori kausalitas dalam tulisan. Sehingga tidak terkategoriakn orang yang menulis dalam keadaan "terpaksa" lalu mengharap orang membacanya dalam keadaan bersedih.
Dari sekian banyak teori kepenulisan, saya lebih pro dengan motivasi "menulislah". Ketimbang tematik teknis kepenulisan.
Dari motivasi penulisan, saya lebih simpatik dengan teori situasional. Apa maksudnya?
Sudah 1/2 tahun saya membaca buku penulisan, saya kerap mendapkan teori pemaksaan. Apa contohnya? Saya selalu saja diseret dalam lingkup bukan disiplin ilmu saya. Ambil cotoh menulis dalam bidang cerpen. Tentu saja, kita yakin, seseorang bergerak bukan karena dipaksa, melainkan panggilan hati. Nah, hati saya belum bisa ke bidang itu. Tetapi, ada sebuah buku sempat saya beli di toko kolega saya. Bukunya mengajak kepada pengertian penulisan bahwa yang merangsang seseorang itu menulis adalah "sensitifitas" dalam keadaan sekitar. Seseorang yang dilingkungann terjadi ketidaknormalan, maka tentu saja amar ma'ruf harus ditegakkn, salah satunya dengan dakwah. Seseorang yang melihat kesyirikan terjadi di rumahnya, pun hendaknya berdakwah.

Hal ini sama dengan metode menulis, menulis adalah kegelisahan hati melihat keadaan sekitar. Jangan takut! Mengapa? Karena yang takut itu adalah mereka yang tidak berani menulis, dengan asumsi belum "mahir", belum "terbiasa", apalagi dengan alasan belum dapat materi "penulisan." Sungguh menyedihny!

Tulisan saya terposting ini, bukan tulisan edit yang berbulan-bulan, melainkan hanya sekitar 8 menit saja (wallohu a'lam). Saya menulis karena merasa peka saja dengan kondisi kekinian ini. Terfokus pada tematik dunia penulisan, karena saya juga "senang" menulis. Layaknya saya senang membaca.
4 Agustus 2011

0 comments:

Post a Comment

Silahkan diisi, komentar Anda sangat membangun: بارك الله فيك