Sunday, December 30, 2012

Dengan Mumtaz Awwal, 17 Jilid Fathul Bari Disabet Pemuda Makassar

"Alhamdulillah akh, ana dpt hadiah kitab fatul-bari 17jilid dan albidayah wan-nihayah 15jilid. Ana mumtaz awwal klulusan thun ni d ma'had (fulan) mkssar."

 Itulah sebuah SMS dari kawan beberapa bulan yang lalu. Sungguh, nampak keceriaan begitu penuh pada dirinya. Dengan ekspresi penuh kesyukuran. Itulah kawan saya bernama Rifaldi, kawan yang memang habitnya dibangun atas edukasi. Setiap harinya tak lupa mengisi jatah kehidupannya dengan belajar ilmu agama.

Sangat cakap dalam membaca kitab gundul, antusias dalam belajar agama. Semua ini modal yang ia miliki sehingga mendapatkan predikat "mumtaz awwal". Sama dengan predikat cum laude. Tetapi, bedanya dia mendapatkannya atas keringat menyelami ilmu agama: mengahapal qur'an, hadits, percakapan, dan masih banyak lagi syarat sehingga lulus.

Kini dia telah bersyukur atas hadiah yang ia dapatkan: "kitab fatul-bari 17jilid dan albidayah wan-nihayah 15jilid". Dua kitab yang menjadi rujukan para ulama. Ada iri hati yang menyambar pada prestasi seperti ini, sehingga kita harus lebih giat dan berstamina dalam menyelami ilmu agama. Jangan mau kalah! Wong kita sesama makhluk ciptaan Alloh.

"Jadilah pemuda yang kakinya menancap di bumi, namun semangatnya tergantung di langit."

Barokallohu fik, Rifaldi. Semoga Alloh memberimu penjagaan. Amin.

Sesungguhnya Allah dan para Malaikat, serta semua makhluk di langit dan di bumi, sampai semut dalam lubangnya dan ikan (di lautan), benar-benar bershalawat/mendoakan kebaikan bagi orang yang mengajarkan kebaikan (ilmu agama) kepada manusia" 

(HR at-Tirmidzi (no. 2685) dan ath-Thabrani dalam "al-Mu'jamul kabiir" (no. 7912), dalam sanadnya ada kelemahan, akan tetapi hadits ini dikuatkan oleh hadits lain yang semakna. Hadits ini dinyatakan hasan shahih oleh imam at-Tirmidzi dan Syaikh al-Albani rahimahullah dalam "Silsilatul ahaditsish shahihah" (4/467).)

24 Maret 2012

0 comments:

Post a Comment

Silahkan diisi, komentar Anda sangat membangun: بارك الله فيك