Monday, June 3, 2013

"Ulangan" Tidak Mendewasakan Murid

بِسْمِ-اللهِ-الرَّحْمنِ-الرَّحِيم
Anak kita zaman sekarang menuai gamang pada rerata persoalan pendidikan. Semua ini laksana jamak ditemui di sudut-sudut percapakan anak-anak kita. Sekolah menjadi tempat kontamiasi edukasi, malah terarahkan pada kontaminasi pergaulan 'nyeleneh'. Simaklah anak-anak di sekolah, perhatian mereka tertuju pada perilaku yang tidak ada kaitan dengan mata pelajaran. Berpacaran, gosip, etc.
Jam istirahat -persepsi mereka- adalah waktu mengekspresikan 'kebebasan' dari penjara edukasi. Banyak bukti terlihat bersama kita, saat jam istirahat berbunyi, tiba-tiba murid lebih melewati suara bel,

"Horeeee!"
Seakan-akan anak-anak kita baru keluar dari penjara. Inilah tantangan bagi guru. Mengetahui 'sebab' ke-horean itu, mencari sumber hore ini.

Harapan kita adalah bagaimana ekspresi "hore" di saat jam pelajaran masuk, bukan hanya eksplorasi "usai" pelajaran. Sekali lagi, ini tantangan bagi kita.

Saya ingin bercerita ketika murid sedang Ulangan Fisika. Yang disinyalir di sinilah klimaks 'ketidaknyamanan' bersekolah. Sehingga muncul beragam keluhan.

"Pak, susahnya ujian!" keluh mereka sambil mengeriputkan dahi.

Saya berusaha memicu saat itu, tanpa memberi jawaban. Hanya menggunakan kalimat.
"Dek, ini hanyalah ujian kertas, jangan mengeluh! Karena jika kamu mengeluh pada ujian seperti ini, ketahuilah, sesungguhnya masih ada ujian terberat, itulah ujian kehidupan!" semangat saya sampaikan.

Seketika itu mereka diam. Mudah-mudah berpikir agar lebih dewasa, tanpa ada rasa keluh-kesah lagi. Di depan kita, masih banyak permasalahan kehidupan, jadikan momen ulangan siswa sebagai wahana mendewasakan pola pikir pula.

Inilah mata pelaran kehidupan sesungguhnya yang harusnya para guru kerap memberi panduan, meskipun di sela-sela pelajaran. Karena pengajaran itu, melahirkan siswa yang siap tempur di masa kita tak lagi bersama mereka.
Mari kita bimbing anak-anak kita ke gerbang 'tanpa keluhan'. Meretas kegamanangan siswa. Bismillah.
20 Februari 2012
بارك الله فيك

1 comments:

  1. INFO: Buat Anda yg lagi mengalami Suatu masalah,
    1.Masalah Ekonomi
    2.Terlilit Hutang
    3.Masalah Rumah Tangga Dlln.
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidaknya

    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo,Namun berkat bantuan KI BARON Kami terbebas dari hutang ini
    SRDIKIT BOCORAN BANTUAN DARI
    KI BARONG No TLPN 0852 8895 8775
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PELET/PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.Dan Masih banyak Bantuan lainnya
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan diisi, komentar Anda sangat membangun: بارك الله فيك