Monday, June 3, 2013

'Teka-Teki Silang', Alternatif Pemberian Soal pada Siswa

بِسْمِ-اللهِ-الرَّحْمنِ-الرَّحِيم
Perjuangan datang lagi. Ini bukan soal peperangan. Apalagi fenomena Perang Dunia III.
Saya berperang bersama 'siswa' melawan ketakutan kita masing-masing. Apakah ketakutan itu? Sesuatu yang memenjarakan kita hingga tidak ingin lebih baik dari hari ke hari.
Bagi persepsi guru, ketakutan jenis inilah kerap diidap bersama. Ada fobia kuat hingga mempengaruhi segala aksivitas guru dan siswa. Apakah itu? Itulah ketakutan untuk MENANG.

Kemenangan dalam paradigma guru ialah bagaimana bisa menampilkan terbaik. Memberikan semaksimal mungkin sebatas kemampuan.

Dan murid pun harus memang. Bagaimana caranya? Mereka harus menampilkan terbaik pula. Belajarlah semaksimal usaha. Jangan mereka menyerah. Merekah harusnya lebih cerdas daripada guru. Itulah harapan saya.
Hari ini adalah momen 'ulangan harian I' mereka. Mereka pasti 'deg-deg'kan. Pasalnya bidang studi yang saya ajarkan sudah menjadi momok menakutkan. Sehingga, yang timbul adalah rasa 'takut'. Kalau seperti ini jadinya, mestinya saya 'merenovasi' gaya mengajar, bahkan cara pemberian soal. Setidaknya harapan saya bisa sedikit mengiris ketakutan mereka.

Sempat saya membaca buku di sebuah toko dan referensi di internet, bagaimana cara pembuatan soal yang menarik.
Ada beberapa point masih saya ingat,
1. Menyajikan soal berbentuk teka-teki silang.
2. Soal dibaca dari arah belakang.
3. Aneka soal dibahasan seperti tulisan zaman doeloe.

Bagaimana contohnya?

Ini dia contoh soal-soal saya:
-Teka-Teki Silang
Soal Mendatar:

2. Lensa positif disebut juga lensa ..
4. Rabun dekat disebut ..
7. Bayangan yang dibentuk cermin cembung selalu
bersifat maya, tegak, dan ...
8. Untuk mengamati benda-benda dilangit diperlukan .
9. Hukum pembiasan disebut juga hukum .
11. Simbol F pada cermin singkatan dari.
12. Drs.. adalah Kepala Sekolah SMA Anda
14. Sin 0 derajat = . (nyatakan dalam huruf)
15. Pada cermin datar, besar sudut . sama dengan sudut
pantul.
17. Pembiasan disebut juga persistiwa .. cahaya.
21. Nama guru yang digantikan oleh Kak Nandar adalah .
22. Kaca pembesar disebut .
23. Benda yang kerap dipakai dengan menggunakan
lensa adalah .

Soal Menurun:

1. Divergen artinya . sinar.
3. Alat untuk mengamati benda yang kecil disebut
5. Pada pembiasan, simbol n merupakan simbol dari .
bias.
6. Cermin yang bersifat mengumpulkan sinar adalah
cermin ....
10. Benda yang terdapat bagian cembung dan cekung
padanya adalah .
13. If you want to be .. you must appreciate the people
on your face.
16. Garis yang tegak lurus dengan bidang datar/batas
disebut garis .
18. Rabun jauh disebut juga sebagai ..
19. Sifat benda pada cermin cekung pada saat di ruangan
2: ., terbalik, diperbesar
20. Untuk melukiskan bayangan diperlukan minimal . sinar
istimewa.
-Soal dibaca dari arah belakang! 
1. !naksalej nad gnukec nimrec adap awemitsi ranis 3 nakrabmaG
(Menarik kan!)
 -(Tulisan Tempo Deoloe)
Seorang siswa SMA menderita raboen jaoeh memiliki titik dekat 10 tjm. Tentoekan jenis katjamata dan oekoeran lensa djang diperloekan agar dapat membatja pada jarak batja normal (+ 25 tjm)!
Semoga ada variasi berkembang dari kita masing-masing selaku guru. Karena manusia diberikan akal bukan artinya meneruskan album lama, tapi bukalah mata dan berkembanglah.
13 Februari 2012
بارك الله فيك

2 comments:

Post a Comment

Silahkan diisi, komentar Anda sangat membangun: بارك الله فيك