بِسْمِ-اللهِ-الرَّحْمنِ-الرَّحِيم
Perjuangan datang lagi. Ini bukan soal
peperangan. Apalagi fenomena Perang Dunia III.
Saya berperang bersama 'siswa' melawan
ketakutan kita masing-masing. Apakah ketakutan itu? Sesuatu yang memenjarakan
kita hingga tidak ingin lebih baik dari hari ke hari.
Bagi persepsi guru, ketakutan jenis
inilah kerap diidap bersama. Ada fobia kuat hingga mempengaruhi segala aksivitas
guru dan siswa. Apakah itu? Itulah ketakutan untuk MENANG.
Kemenangan dalam paradigma guru ialah
bagaimana bisa menampilkan terbaik. Memberikan semaksimal mungkin sebatas
kemampuan.
Dan murid pun harus memang. Bagaimana
caranya? Mereka harus menampilkan terbaik pula. Belajarlah semaksimal usaha.
Jangan mereka menyerah. Merekah harusnya lebih cerdas daripada guru. Itulah
harapan saya.
Hari ini adalah momen 'ulangan harian
I' mereka. Mereka pasti 'deg-deg'kan. Pasalnya bidang studi yang saya ajarkan
sudah menjadi momok menakutkan. Sehingga, yang timbul adalah rasa 'takut'. Kalau
seperti ini jadinya, mestinya saya 'merenovasi' gaya mengajar, bahkan cara
pemberian soal. Setidaknya harapan saya bisa sedikit mengiris ketakutan
mereka.
Sempat saya membaca buku di sebuah
toko dan referensi di internet, bagaimana cara pembuatan soal yang
menarik.
Ada beberapa point masih saya
ingat,
1. Menyajikan soal berbentuk teka-teki
silang.
2. Soal dibaca dari arah
belakang.
3. Aneka soal dibahasan seperti
tulisan zaman doeloe.
Bagaimana
contohnya?
Ini dia contoh soal-soal
saya:
-Teka-Teki Silang
Soal Mendatar:
2. Lensa positif disebut juga lensa
..
4. Rabun dekat disebut
..
7. Bayangan yang dibentuk cermin
cembung selalu
bersifat maya, tegak, dan
...
8. Untuk mengamati benda-benda
dilangit diperlukan .
9. Hukum pembiasan disebut juga hukum
.
11. Simbol F pada cermin singkatan
dari.
12. Drs.. adalah Kepala Sekolah SMA
Anda
14. Sin 0 derajat = . (nyatakan dalam
huruf)
15. Pada cermin datar, besar sudut .
sama dengan sudut
pantul.
17. Pembiasan disebut juga persistiwa
.. cahaya.
21. Nama guru yang digantikan oleh Kak
Nandar adalah .
22. Kaca pembesar disebut
.
23. Benda yang kerap dipakai dengan
menggunakan
lensa adalah .
Soal Menurun:
1. Divergen artinya .
sinar.
3. Alat untuk mengamati benda yang
kecil disebut
5. Pada pembiasan, simbol n merupakan
simbol dari .
bias.
6. Cermin yang bersifat mengumpulkan
sinar adalah
cermin ....
10. Benda yang terdapat bagian cembung
dan cekung
padanya adalah .
13. If you want to be .. you must
appreciate the people
on your face.
16. Garis yang tegak lurus dengan
bidang datar/batas
disebut garis .
18. Rabun jauh disebut juga sebagai
..
19. Sifat benda pada cermin cekung
pada saat di ruangan
2: ., terbalik,
diperbesar
20. Untuk melukiskan bayangan
diperlukan minimal . sinar
istimewa.
-Soal dibaca dari arah
belakang!
1. !naksalej nad gnukec nimrec adap
awemitsi ranis 3 nakrabmaG
(Menarik kan!)
-(Tulisan Tempo
Deoloe)
Seorang siswa SMA menderita raboen
jaoeh memiliki titik dekat 10 tjm. Tentoekan jenis katjamata dan oekoeran lensa
djang diperloekan agar dapat membatja pada jarak batja normal (+ 25
tjm)!
Semoga ada variasi berkembang dari
kita masing-masing selaku guru. Karena manusia diberikan akal bukan artinya
meneruskan album lama, tapi bukalah mata dan
berkembanglah.
13 Februari 2012
بارك الله فيك
بارك الله فيك
ReplyDeleteBarokallohu fik, Pak Andi.
ReplyDelete