Monday, June 3, 2013

5 Spidol Guru

بِسْمِ-اللهِ-الرَّحْمنِ-الرَّحِيم
Sebagai guru baru sepekan ini membawa 5 spidol tiap ke sekolah. Entah mengapa, kadang-kadang penumpukan spidol ini bersumber dari beberapa kelas yang saya ajar kelupaan. Maksudnya, saking asyiknya mengajar, spidol kelas itu saya bawa pulang. Dan ketua kelas mereka pun 'amnesia' mengambil spidolnya. Sehingga, penambahan spidolpun kian menambah.
Spidol merupakan senjata guru jika kehabisan suara. Dialah akan menjembatani kegalauan guru saat tak ada lagi ceramah ingin disampaikan. Maka cukuplah spidol mewakili bibir. Spidolpun memiliki fungsi beragam pada guru: apakah peruntukan mematenkan kata mutiara di papan tulis, menuliskan basmalah, menampilkan spirit kata via aksara, dan masih banyak lagi ragam ekslorasi sehingga dengan kata-kata yang terukir itu, bisa diingat dan diaplikasikan dalam kehidupan siswa.
Lima spidol di tas saya adalah bentuk persiapan ketika spidol satu lagi 'macet' sehingga ada alternatif. Sekali lagi, karena senjata guru ada laptop. Saya tahu di sana ada LCD. Untuk apa lagi menggunakan spidol? Tunggu dulu!
LCD sifatnya keahlian. Ada guru tak kuasai benda ini. Bagaimana mungkin menjamah LCD, sementara laptop tidak punya. Sahingga, kembali ke album lama: spidol. Dan ini bukan berarti tidak ada peningkatan. Bukan!
Sebab keahlian menggunakan perangkat LCD, hanya menunjukkan pemahaman penggunaan alat. Bukan peningkatan 'kecerdasan'. Banyak contoh di luar sana, bagaimana seorang guru yang telah dibanjiri fasilitas laptop dan HP mutakhir, namun tidak berdampak secara nyata dari sudut keilmuan guru. Sehingga muncullah istilah S.Pd (seperti dulu).
Karena itulah, saya rasa spidol tidak ada matinya. Guru yang membawa banyak spidol layaknya saya, adalah sebuah agenda pendidikan. Bagaimana cara agar mampu menggunakan secara baik spidol itu.
Sayangnya, warna 5 spidol itu hitam semua. Saya pun harus belajar mencari warna lain. Layaknya pelangi baru: hitam, biru, merah, hijau, kuning.
Setidaknya ada variasi 'mengelaborasikan' warna itu. Semuanya berarah pada 'modernisasi' tulisan. Alangkah indahnya jika guru menuliskan narasi berwarna hitam, menuliskan rumus warna biru, menyantumkan kata-kata mutiara dengan merah, dan semua keterangan lain bisa dipadukan warna yang ada. Sungguh alangkah indahnya.
Semoga ada kemajuan bagi guru kita. Bismillah...
28 Februari 2012
بارك الله فيك

2 comments:

  1. Kreatif banget Ka Guru. Saya juga usahakan minimal membawa 1 spidol, karena kampus menyediakan viewer dan komputernya.

    ReplyDelete
  2. INFO: Buat Anda yg lagi mengalami Suatu masalah,
    1.Masalah Ekonomi
    2.Terlilit Hutang
    3.Masalah Rumah Tangga Dlln.
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidaknya

    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo,Namun berkat bantuan KI BARON Kami terbebas dari hutang ini
    SRDIKIT BOCORAN BANTUAN DARI
    KI BARONG No TLPN 0852 8895 8775
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PELET/PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.Dan Masih banyak Bantuan lainnya
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan diisi, komentar Anda sangat membangun: بارك الله فيك